Minggu, 14 November 2010

skripsi ekonomi bab 1

TUGAS INDIVIDU
PROPOSAL PENELITIAN
MATA KULIAH
METODE RISET BISNIS


ANALISIS  pelayanan dealer sepeda motor Honda Jalan veteran Pontianak terhadap kepuasan konsumen


OLEH:
MUHAMMAD AKBAR
B11109004


DOSEN PEMBIMBING:
Prof. Dr. James Siagian, SE, M.Sc.


1.Latar Belakang Penelitian

Dengan kondisi persaingan yang semakin banyak antar perusahaan, setiap perusahaan saling berpacu untuk memperluas pasar. Harapan dari adanya perluasan pasar secara langsung adalah meningkatnya penjualan, sehingga perusahaan akan memiliki lebih banyak konsumen. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami oleh perusahaan selaku produsen, bahwa semakin banyak konsumen maka perusahaan akan semakin sulit mengenali konsumennya secara teliti. Terutama tentang suka atau tidaknya konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan dan alasan yang mendasarinya.

Perusahaan yang mampu bersaing dalam pasar adalah perusahaan yang dapat menyediakan produk atau jasa berkualitas, sehingga perusahaan dituntut untuk terus melakukan beberapa perbaikan terutama pada kualitas pelayanannya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh barang atau jasa yang ditawarkan akan mendapat tempat yang baik di mata masyarakat selaku konsumen dan calon konsumen. Karena konsumen dalam memilih barang dan jasa di dasari motivasi yang nantinya mempengaruhi jenis, cita rasa barang dan jasa berkualitas yang dibelinya.
Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan oleh produk lain. Apabila konsumen merasa benar-benar puas, mereka akan membeli ulang serta memberi rekomendasi kepada orang lain untuk membeli di tempat yang sama
Bagi setiap perusahaan dealer kendaraan bermotor perlu berupaya memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Untuk itu dibutuhkan identifikasi determinan utama kualitas jasa dari sudut pandang pelanggan. Oleh karena itu perlu dilakukan riset untuk mengidentifikasi determinan jasa yang paling penting bagi pasar sasaran dan memperkirakan penilaian yang diberikan pasar sasaran terhadap perusahaan dan pesaing berdasarkan determinan-determinan tersebut. Dengan menganalisa tanggapan konsumen terhadap variabel-variabel tersebut maka perusahaan dealer kendaraan bermotor dapat menilai variabel mana yang belum sesuai dengan harapan konsumen, dengan demikian dapat diketahui posisi relatif perusahaan dimata pelanggan. Selanjutnya perusahaan dapat memfokuskan upaya peningkatan kualitasnya pada determinan-determinan tersebut sepanjang waktu karena sangat mungkin terjadi prioritas pasar mengalami perubahan.
Pada awal tahun 2001 begitu banyak bermunculan produk-produk sepeda motor yang harganya lebih murah dan cara pembayarannya lebih mudah untuk memilikinya. Hal ini mengingat kondisi perekonomian negara yang terpuruk sebagai akibat dan imbas krisis ekonomi yang berkepanjangan dan multi dimensional sehingga mendorong perusahaan lain untuk melakukan terobosan baru dalam usaha pemasaran produknya, tentunya hal ini tidak akan lepas dari situasi persaingan. Anugerah Santosa Pontianak harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan persaingan, untuk itu sebaiknya Anugerah Santosa Pontianak memperhatikan kekuatan dan kelemahan itu sendiri, perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar dalam arti bersifat fleksibel dan inovatif.
Bersamaan dengan adanya perubahan lingkungan yang terjadi dan adanya perubahan perilaku manusia, maka semakin mendorong bertambahnya permintaan akan kebutuhan pemakaian sepeda motor. Semakin bertambahnya permintaan akan kebutuhan pemakaian sepeda motor dewasa ini mendorong para pengusaha di bidang otomotif khususnya dalam hal ini adalah sepeda motor merek Honda ikut bersaing untuk menawarkan kelebihan-kelebihannya. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mempengaruhi konsumen berupa kualitas pelayanan dari dealer sepeda motor Honda itu sendiri yang dapat diberikan oleh perusahaan sehingga konsumen merasa terpuaskan.
Pada dasarnya kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima (perceived services) dengan tingkat yang diharapkan (expected services). Bagi perusahaan kuncinya adalah menyesuaikan atau melebihi harapan mutu jasa yang diinginkan konsumen.
Pemahaman tentang hubungan antara kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan penting bagi perusahaan, karena perusahaan sebagai penyedia pelayanan perlu mengetahui tujuan perusahaan yang sesungguhnya. Hal ini penting karena menyangkut kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

2.  Perumusan  Masalah

Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka beberapa masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.     Apakah masih terdapat gap kualitas pelayanan yang diberikan dealer sepeda motor Honda Jalan Veteran Pontianak?
2.     Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dealer sepeda motor Honda Jalan Veteran Pontianak terhadap kepuasan konsumen?
3.     Dimensi kualitas pelayanan apa yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen pemakai jasa perawatan pada dealer sepeda motor Honda Jalan Veteran Pontianak?

3.Batasan Masalah

Batasan masalah ini perlu diberikan mengingat luasnya ruang lingkup penelitian. Tujuannya agar penelitian ini nantinya akan menjadi terfokus, terarah dan tidak jauh dari pokok permasalahannya. Di sini diberikan batasan-batasan masalah seperti yang tersebut di bawah ini :
1.     Lokasi Penelitian pada dealer sepeda motor Merk Honda, Jalan veteran pontianak.
2.     Responden yang diteliti adalah konsumen yang melakukan perawatan sepeda motor Honda  pada dealer sepeda motor Honda Jalan Veteran Pontianak  minimal sudah dua kali melakukan perawatan sepeda motor.
3.     Kualitas pelayanan yang di teliti berdasarkan lima dimensi yang dikembangkan oleh Pasuraman et. al yaitu dimensi tangible (bukti fisik pelayanan), reliability (kemampuan mewujudkan janji), responsiveness (ketanggapan dalam memberikan pelayanan), empathy (kemampuan memberi jaminan pelayanan), dan assurance (jaminan).
4.     Kepuasan yang diteliti berdasarkan dari harapan konsumen dan performance perusahaan.
5.     Gap (selisih antara kualitas pelayanan yang di harapkan konsumen dengan performace perusahaan).

4.  Tujuan Penelitian

Secara umum tujuan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai kondisi pelayanan sepeda motor Honda Jalan Veteran terhadap konsumen. Sedangkan tujuan lain dari diadakannya penelitian ini adalah:
1.        Untuk mengetahui apakah masih terdapat gap kualitas pelayanan yang diberikan dealer sepeda motor Honda Jalan Veteran.
2.        Untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dealer sepeda motor Honda jalan Veteran terhadap kepuasan konsumen
3.        Untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen pemakai jasa perawatan sepeda motor pada dealer sepeda motor Honda Jalan veteran.

5.  Kontribusi  Penelitian

1.    Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat membantu memberikan masukan dan pertimbangan bagi peningkatan kualitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Manfaat lainnya adalah dapat memberikan gambaran bagi perusahaan dalam membuat rencana dan strategi yang baik dan terarah untuk mengelola sepeda motor Honda Jalan Veteran dimasa yang akan datang secara efektif dan efisien
2.    Bagi peneliti, merupakan tambahan pengetahuan dari dunia praktisi yang sangat berharga untuk disinkronkan dengan pengetahuan teoritis yang diperoleh di bangku kuliah.
3.    Bagi pihak lain, merupakan informasi untuk penelitian selanjutnya.

6.  Metode Penelititan
 A.  Lokasi Penelitian    Penelitian ini mengambil lokasi pada dealer sepeda motor honda CV. Anugerah Santosa jalan veteran pontianak.

B.  Populasi     Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang melakukan perawatan/servis sepeda motor honda pada dealer CV. Anugerah Santosa Jalan Veteran Pontianak, Minimal sudah dua kali melakukan perawatan/servis sepeda motor.

C.  Pengumpulan Data  Metode pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah, Saya melakukan interview secara langsung dengan responden dengan bantuan daftar pertanyaan untuk mengumpulkan data.


 D.  Analisis data     Data yang saya peroleh sebagian besar bersifat kualitatif tentang seberapa baik kualitas  pelayanan yang di berikan, seberapa besar kepuasan konsumen terhadap pelayanan, dan dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen. 
8.  Daftar pustaka
Arikunto,Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Manulang,M., 2004.  Dasar-Dasar Manajemen, Gadjah Mada Universty Perss, Yogyakarta.
Ndraha, Talizuduhu, 2002. Pengantar Teori Pengembangan Sumber daya Manusia, Penerit Rineka Cipta Jakarta.
Gomes, Faustino Cardozo, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Penerbit ANDI, Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar