Jumat, 21 September 2012

BISNIS PLAN

-->
Pembuatan Minuman Segar Nata De Aloe dari Lidah Buaya

MAHASISWA :
MUHAMMAD AKBAR
B111 09 004
DOSEN
HJ JUNIWATI SE, MSi

Deskripsi bisnis
Pembuatan minuman segar nata biasanya dibuat dengan bahan baku kelapa yang sering disebut juga sebagai nata. Dalam hal ini digagas suatu formula baru minuman segar nata dengan menggunakan bahan baku aloe vera, atau yang sering disebut juga dengan Nata De Aloe. Minuman segar nata dengan menggunakan bahan baku aloe vera tidak kalahnikmatnya dengan nata de coco. Minuman segar Nata De Aloe merupakan suatu produk yang tergolong memiliki nilai ekonomis tinggi, bahan baku yang dibutuhkan juga mudahuntuk didapatkan serta tidak menggunakan banyak bahan kimia. seperti kita tahu bahwalidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan zat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain untuk membantumelancarkan saluran pencernaan, sulit buang air besar, batuk, radang tenggorokan, diabetesmelitus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi cacingan dan menyembuhkanluka.. Daun lidah buaya sebagian besar berisi pulp atau daging daun yang mengandung getah bening dan lekat. Sedangkan bagian luar daun berupa kulit tebal yang berklorofil.Secara kuantitatif, protein dalam lidah buaya ditemukan dalan jumlah yang cukup kecil,akan tetapi secara kualitatif protein lidah buaya kaya akan asam-asam amino esensial terutama leusin, lisin, valin dan histidin. Selain kaya akan asam-asam amino esensial, gellidah buaya juga kaya akan asam glutamat dan asam aspartat. Vitamin dalam lidah buayalarut dalam lemak, selain itu juga terdapat asam folat dan kholin dalam jumlah kecil.Kandungan zat gizi yang terdapat pada gel (daging) lidah buaya cukup lengkap, diantaranya, vitamin A, B, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Sedangkan kandunganmineralnya terdiri dari kalsium, magnesium, kalium, natrium, besi, seng, dan kromium. Gabungan unsur vitamin dan mineral dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidanalami yang antara lain mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini denganmenghindarkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Dengan kata lain minuman segar  Nata De Aloe merupakan minuman yang enak buat dikonsumsi, murah dan bias menyehatkan tubuh yang layak untuk dijual di pasaran

LINGKUNGAN BISNIS
Analisa Pengadaan Bahan Baku
Di Indonesia daerah penghasil lidah buaya terbesar adalah daerah Kalimantan Barat, hampir 80% hasil panen dipasok untuk memenuhi kebutuhan industry local. Saat ini hampir semua ibu-ibu atau pecinta tanaman lidah buaya menanam di pekarangan rumah mereka. Selain itu, harga bibit lidah buaya di pasaran tergolong murah. Oleh karena itu, untuk membuka usaha yang membutuhkan tanaman lidah buaya sebagai bahan baku tidak perlu khawatir mengenai pengadaan bahan baku tersebut.

Analisa Kondisi Pasar
Saat ini banyak sekali berbagai macam minuman segar nata yang beredar dan dijualdi pasaran dengan harga murah. Namun kebanyakan minuman segar nata tersebut hanya bisa menyegarkan ketika dahaga saja, dan biasanya dengan kandungan nutrisi yang sangat kecil. Melihat kondisi tersebut, dibutuhkan suatu minuman segar nata yang dapat menyegarkan ketika dahaga dan juga baik untuk kesehatan, dapat digunakan sebagai obatserta juga dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat, yaitu suatuminuman Nata De Aloe yang terbuat dari lidah buaya. Dengan mengetahui berbagaimanfaat yang ada pada Nata De Aloe, diharapkan dapat menarik perhatian para konsumen untuk mengkonsumsi minuman Nata De Aloe dengan kandungan gizi yang tinggi dan menyehatkan tubuh

RENCANA MANAJEMEN
Selama ini tanaman lidah buaya hanya dimanfaatkan sebagai shampoo, padahal sebenarnya lidah buaya juga dapat dikonsumsi salah satunya adalah dengan dioalah menjadi Nata De Aloe. Khususnya pada pedesaan, banyak sekali tumbuhan aloe vera yang tumbuh, seperti kita tahu bahwa aloe vera adalah salah satu tumbuhan yang mudah tumbuhtapi belum dimanfaatkan secara maksimal, penduduk setempat hanya memanfaatkannya sebagai penumbuh rambut serta penyubur rambut yang pemakaiannya secara langsung dapat dioleskan pada kulit kepala tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Di pedesaan hampir setiap rumah mempunyai tumbuhan aloe vera. Melihat dari keadaan tersebut, tumbuhan aloe vera ini sebenarnya dapat diolah menjadi minuman segar Nata DeAloe. Untuk penanaman tumbuhan ini dalam skala besar diperlukan lahan yang cukup besar. Tapi selain dengan cara tersebut, untuk mendapatkan tumbuhan aloe vera ini juga dapat dilakukan dengan membeli daun tubuhan aloe vera tersebut dari penduduk dan langsung dilakukan pengolahan. Dengan cara tersebut maka secara tidak langsung dapat memberikan tambahan penghasilan untuk penduduk pedesaan. Budidaya lidah buaya yang berkembang pesat di Indonesia adalah daerah Kalimantan Barat. Daerah ini juga dapat dijadikan sebagai peluang untuk berbisnis. Pengembangan agribisnis lidah buaya memiliki prospek sangat bagus dilihat dari segi keterlibatan masyarakat dan manfaat yang ditimbulkannya, antara lain:
1.      Cara pembudidayaan lidah buaya relatif mudah
2.      Mendorong tumbuhnya industri pedesaan baik sektor hulu maupun sektor hilir, sehingga dapat memperluas lapangan kerja di pedesaan
3.      Nilai tambah produk hilirnya cukup besar
4.      Permintaan produk olahannya mempunyai pasar yang bagus karena kandungan lidah buaya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
 
Produk / jasa yang direncanakan
Produk yang dihasilkan dalam hal ini berupa minuman segar Nata De Aloe yangmenyehatkan dan secara tidak langsung dapat digunakan juga sebagai obat. Minuman yangmenyegarkan dan menyehatkan merupakan salah satu pilihan pangan masyarakat, dimana minuman ini dapat menghilangkan dahaga sekaligus memberi manfaat kesehatan bagitubuh, seperti menghambat sel kanker, mencegah pembengkakan sendi, mengatasi gangguan pencernaan, membantu penyembuhan luka bekas operasi, sebagai antioksidan alami yang antara lain mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini dengan menghindarkan kerusakan DNA akibat radikal bebas, membantu melancarkan saluran pencernaan, sulit buang air besar, batuk, radang tenggorokan, diabetes mellitus meningkatkan sistem kekebalan tubuh,serta mengatasi cacingan.
Mineral memberikan ketahanan tubuh terhadap penyakit, dan berinteraksi dengan Vitamin untuk mengandung fungsi-fungsi tubuh. Vitamin A, Bl, B2, B6, B12, C, E, asam folat bahan penting untuk menjalankan fungsi tubuh secara normal dan sehat Minuman segar Nata De Aloe ini merupakan suatu produk yang tergolong memiliki nilai ekonomis tinggi, harganya dapat dijangkau oleh masyarakat, bahan baku yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan serta tidak menggunakan banyak bahan kimia.

RENCANA PEMASARAN
Target sasaran dalam bisnis pembuatan minuman segar Nata De Aloe ini adalah masyarakat secara umum, baik untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah ,maupunmasyarakat kalangan menengah ke atas, karena dari segi harga produk ini cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa cara dimana pada intinya adalah untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produk Nata De Aloe, yaitu:
1.      Mengadakan promosi produk minuman segar Nata De Aloe kepada target sasaran yaitu kepada masyarakat secara umum dari semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai kalangan menengah ke atas secara langsung.
2.      Membagikan tester produk secara gratis kepada masyarakat.
3.      Melakukan sosialisasi produk melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, danYouTube untuk menjaring segmen pasar usia belia serta konsumen yang berlokasi jauhdari lokasi produksi.
4.      Mengenalkan produk Nata De Aloe ke sekolah-sekolah dan pada acara PKK sebagai makanan yang sehat bagi anak.
5.      Mempermudah pemesanan produk secara online (dalam jumlah pemesanan tertentu.
6.      Menjual atau meintipkan produk Nata De Aloe di kantin sekolah, universitas, kios dan warung kecil, rumah makan, tempat pariwisata, pasar tradisional, minimarket, dansupermarket.Setelah target sasaran mencoba produk tersebut diharapkan masyarakat akan tertarik dan membeli produk minuman segar Nata De Aloe yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan konsumen dengan harga terjangkau

RENCANA KEUANGAN
a.      Biaya Produksi dan Pendapatan
Besarnya biaya produksi total yang dikeluarkan oleh perusahaan PM Bagas Aji pada bulan Juni 2006 dapat dilihat pada Tabel 3. Penerimaan perusahaan diperoleh darihasil produksi minuman nata de aloe dikalikan dengan harga produk per kardus. Penerimaan perusahaan pada bulan Juni 2006 sebesar Rp 96.000.000,00. Pendapatan bersih perusahaan merupakan selisih antara penerimaan dengan biaya total. Pendapatan bersih perusahaan pada bulan Juni 2006 sebesar Rp 21.421.120,00. Tabel 3 memberikan informasi bahwa biaya tidak tetap mendominasi struktur biaya produksi total.
Biaya produksi:
TC = TFC + TVCTC = 7. 903.880 + 66.675.000
TC = 74.578.880
Penerimaan : TR = P.QTR = 19.200 x 5.000
TR = 96.000.000
Keuntungan :
Laba = TR ± TC= 96.000.000 ± 74.578.880
= 21.421.120
Keterangan: TC = total cost (biaya total) TFC = total fixed cost (biaya tetap total ) TVC = total tidak tetap cost (biaya tidak tetap total ) TR = total revenue (penerimaan total) P = price per unit (harga jual per unit) Q = quantity (jumlah produksi
Analisis RC Ratio
Nilai RC ratio PM Bagas Aji dapat dilihat pada Tabel 4. Berdasarkan tabel 4 diketahui bahwa nilai perbandingan antara penerimaan dan biaya produksi total adalah sebesar 1,28. Hal ini berarti setiap Rp1.000,00 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp1.280,00. Nilai RC ratio yang dihasilkan usaha agroindustri tersebutlebih dari satu berarti usaha agroindustri PM Bagas Aji menguntungkan.Tabel 4. Nilai RC ratio PM Bagas Aji Bulan Juni 2006
b.      Analisis Titik Impas
Titik impas dalam unit terjadi pada saat pengusaha memproduksi 1.383 kardus ta dealoe, dan BEP dalam penerimaan sebesar Rp26.457.377. Penerimaan yang diterima oleh pengusaha lebih besar daripada nilai penerimaan pada saat BEP, yang berarti bahwa usaha agroindustri nata de aloe PM Bagas Aji dapat dikatakan sudah menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar