Pembuatan
Minuman Segar Nata De Aloe dari Lidah Buaya
MAHASISWA
:
MUHAMMAD
AKBAR
B111
09 004
DOSEN
HJ JUNIWATI SE, MSi
Deskripsi bisnis
Pembuatan minuman segar nata biasanya
dibuat dengan bahan baku kelapa yang sering disebut juga sebagai nata. Dalam
hal ini digagas suatu formula baru minuman segar nata dengan menggunakan
bahan baku aloe vera, atau yang sering disebut juga dengan Nata De Aloe.
Minuman segar nata dengan menggunakan bahan baku aloe vera tidak kalahnikmatnya
dengan nata de coco. Minuman segar Nata De Aloe merupakan suatu
produk yang tergolong memiliki nilai ekonomis tinggi, bahan baku yang dibutuhkan
juga mudahuntuk didapatkan serta tidak menggunakan banyak bahan kimia. seperti
kita tahu bahwalidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman yang memiliki banyak
kandungan zat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit antara lain
untuk membantumelancarkan saluran pencernaan, sulit buang air besar, batuk,
radang tenggorokan, diabetesmelitus meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
mengatasi cacingan dan menyembuhkanluka.. Daun lidah buaya sebagian besar
berisi pulp atau daging daun yang mengandung getah bening dan lekat. Sedangkan
bagian luar daun berupa kulit tebal yang berklorofil.Secara kuantitatif,
protein dalam lidah buaya ditemukan dalan jumlah yang cukup kecil,akan tetapi
secara kualitatif protein lidah buaya kaya akan asam-asam amino esensial terutama
leusin, lisin, valin dan histidin. Selain kaya akan asam-asam amino esensial,
gellidah buaya juga kaya akan asam glutamat dan asam aspartat. Vitamin dalam
lidah buayalarut dalam lemak, selain itu juga terdapat asam folat dan kholin
dalam jumlah kecil.Kandungan zat gizi yang terdapat pada gel (daging) lidah
buaya cukup lengkap, diantaranya, vitamin A, B, C, E, choline, inositol, dan
asam folat. Sedangkan kandunganmineralnya terdiri dari kalsium, magnesium,
kalium, natrium, besi, seng, dan kromium. Gabungan unsur vitamin dan mineral
dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidanalami yang antara lain mampu
mencegah serangan jantung dan penuaan dini denganmenghindarkan kerusakan DNA
akibat radikal bebas. Dengan kata lain minuman segar Nata De Aloe merupakan
minuman yang enak buat dikonsumsi, murah dan bias menyehatkan tubuh yang layak
untuk dijual di pasaran
LINGKUNGAN BISNIS
Di Indonesia daerah penghasil lidah buaya terbesar adalah
daerah Kalimantan Barat, hampir 80% hasil panen dipasok untuk memenuhi
kebutuhan industry local. Saat ini hampir semua ibu-ibu atau pecinta tanaman
lidah buaya menanam di pekarangan rumah mereka. Selain itu, harga bibit
lidah buaya di pasaran tergolong murah. Oleh karena itu, untuk membuka usaha
yang membutuhkan tanaman lidah buaya sebagai bahan baku tidak perlu
khawatir mengenai pengadaan bahan baku tersebut.
Analisa Kondisi Pasar
Saat ini banyak sekali berbagai macam
minuman segar nata yang beredar dan dijualdi pasaran dengan harga murah. Namun
kebanyakan minuman segar nata tersebut hanya bisa menyegarkan ketika
dahaga saja, dan biasanya dengan kandungan nutrisi yang sangat kecil. Melihat
kondisi tersebut, dibutuhkan suatu minuman segar nata yang dapat menyegarkan
ketika dahaga dan juga baik untuk kesehatan, dapat digunakan sebagai obatserta
juga dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat, yaitu
suatuminuman Nata De Aloe yang terbuat dari lidah buaya. Dengan mengetahui
berbagaimanfaat yang ada pada Nata De Aloe, diharapkan dapat menarik perhatian
para konsumen untuk mengkonsumsi minuman Nata De Aloe dengan kandungan gizi
yang tinggi dan menyehatkan tubuh
RENCANA MANAJEMEN
Selama ini tanaman lidah buaya hanya
dimanfaatkan sebagai shampoo, padahal sebenarnya lidah buaya juga dapat
dikonsumsi salah satunya adalah dengan dioalah menjadi Nata De Aloe. Khususnya
pada pedesaan, banyak sekali tumbuhan aloe vera yang tumbuh, seperti kita tahu
bahwa aloe vera adalah salah satu tumbuhan yang mudah tumbuhtapi belum
dimanfaatkan secara maksimal, penduduk setempat hanya memanfaatkannya sebagai
penumbuh rambut serta penyubur rambut yang pemakaiannya secara langsung dapat
dioleskan pada kulit kepala tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Di
pedesaan hampir setiap rumah mempunyai tumbuhan aloe vera. Melihat dari keadaan
tersebut, tumbuhan aloe vera ini sebenarnya dapat diolah menjadi minuman segar
Nata DeAloe. Untuk penanaman tumbuhan ini dalam skala besar diperlukan lahan
yang cukup besar. Tapi selain dengan cara tersebut, untuk mendapatkan
tumbuhan aloe vera ini juga dapat dilakukan dengan membeli daun tubuhan aloe
vera tersebut dari penduduk dan langsung dilakukan pengolahan. Dengan cara
tersebut maka secara tidak langsung dapat memberikan tambahan penghasilan untuk
penduduk pedesaan. Budidaya lidah buaya yang berkembang pesat di Indonesia
adalah daerah Kalimantan Barat. Daerah ini juga dapat dijadikan sebagai peluang
untuk berbisnis. Pengembangan agribisnis lidah buaya memiliki prospek sangat
bagus dilihat dari segi keterlibatan masyarakat dan manfaat yang
ditimbulkannya, antara lain:
1. Cara
pembudidayaan lidah buaya relatif mudah
2.
Mendorong tumbuhnya industri pedesaan
baik sektor hulu maupun sektor hilir, sehingga dapat memperluas lapangan kerja
di pedesaan
3.
Nilai tambah produk hilirnya cukup
besar
4. Permintaan
produk olahannya mempunyai pasar yang bagus karena kandungan lidah buaya
yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
Produk / jasa yang direncanakan
Produk yang dihasilkan dalam hal ini
berupa minuman segar Nata De Aloe yangmenyehatkan dan secara tidak langsung
dapat digunakan juga sebagai obat. Minuman yangmenyegarkan dan menyehatkan
merupakan salah satu pilihan pangan masyarakat, dimana minuman ini dapat
menghilangkan dahaga sekaligus memberi manfaat kesehatan bagitubuh, seperti
menghambat sel kanker, mencegah pembengkakan sendi, mengatasi gangguan
pencernaan, membantu penyembuhan luka bekas operasi, sebagai antioksidan alami
yang antara lain mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini dengan menghindarkan
kerusakan DNA akibat radikal bebas, membantu melancarkan
saluran pencernaan, sulit buang air besar, batuk, radang tenggorokan,
diabetes mellitus meningkatkan sistem kekebalan tubuh,serta mengatasi cacingan.
Mineral memberikan ketahanan tubuh
terhadap penyakit, dan berinteraksi dengan Vitamin untuk mengandung
fungsi-fungsi tubuh. Vitamin A, Bl, B2, B6, B12, C, E, asam folat bahan penting
untuk menjalankan fungsi tubuh secara normal dan sehat Minuman segar Nata De
Aloe ini merupakan suatu produk yang tergolong memiliki nilai ekonomis tinggi,
harganya dapat dijangkau oleh masyarakat, bahan baku yang dibutuhkan juga mudah
untuk didapatkan serta tidak menggunakan banyak bahan kimia.
RENCANA PEMASARAN
Target sasaran dalam bisnis pembuatan
minuman segar Nata De Aloe ini adalah masyarakat secara umum, baik untuk
kalangan masyarakat menengah ke bawah ,maupunmasyarakat kalangan menengah ke
atas, karena dari segi harga produk ini cukup terjangkau oleh semua kalangan
masyarakat. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa cara dimana pada
intinya adalah untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produk Nata De Aloe,
yaitu:
1. Mengadakan
promosi produk minuman segar Nata De Aloe kepada target sasaran yaitu kepada
masyarakat secara umum dari semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan menengah
ke bawah sampai kalangan menengah ke atas secara langsung.
2.
Membagikan tester produk secara gratis
kepada masyarakat.
3.
Melakukan sosialisasi produk melalui
jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, danYouTube untuk menjaring segmen
pasar usia belia serta konsumen yang berlokasi jauhdari lokasi produksi.
4.
Mengenalkan produk Nata De Aloe ke
sekolah-sekolah dan pada acara PKK sebagai makanan yang sehat bagi anak.
5.
Mempermudah pemesanan produk secara
online (dalam jumlah pemesanan tertentu.
6. Menjual atau meintipkan
produk Nata De Aloe di kantin sekolah, universitas, kios dan warung kecil,
rumah makan, tempat pariwisata, pasar tradisional, minimarket,
dansupermarket.Setelah target sasaran mencoba produk tersebut diharapkan
masyarakat akan tertarik dan membeli produk minuman segar Nata De Aloe
yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan konsumen dengan harga
terjangkau
RENCANA KEUANGAN
a.
Biaya Produksi dan Pendapatan
Besarnya biaya produksi total yang
dikeluarkan oleh perusahaan PM Bagas Aji pada bulan Juni 2006 dapat
dilihat pada Tabel 3. Penerimaan perusahaan diperoleh darihasil produksi
minuman nata de aloe dikalikan dengan harga produk per kardus. Penerimaan
perusahaan pada bulan Juni 2006 sebesar Rp 96.000.000,00. Pendapatan
bersih perusahaan merupakan selisih antara penerimaan dengan biaya total.
Pendapatan bersih perusahaan pada bulan Juni 2006 sebesar Rp 21.421.120,00.
Tabel 3 memberikan informasi bahwa biaya tidak tetap mendominasi struktur
biaya produksi total.
Biaya produksi:
TC = TFC +
TVCTC = 7. 903.880 + 66.675.000
TC = 74.578.880
Penerimaan : TR = P.QTR = 19.200 x 5.000
TR = 96.000.000
Keuntungan :
Laba = TR ± TC= 96.000.000 ± 74.578.880
= 21.421.120
Keterangan: TC = total cost (biaya total) TFC = total
fixed cost (biaya tetap total ) TVC = total tidak tetap cost (biaya tidak tetap
total ) TR = total revenue (penerimaan total) P = price per unit (harga jual
per unit) Q = quantity (jumlah produksi
Analisis RC Ratio
Nilai RC ratio PM Bagas Aji dapat dilihat pada Tabel 4.
Berdasarkan tabel 4 diketahui bahwa nilai perbandingan antara penerimaan dan
biaya produksi total adalah sebesar 1,28. Hal ini berarti setiap Rp1.000,00
biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp1.280,00.
Nilai RC ratio yang dihasilkan usaha agroindustri tersebutlebih dari satu
berarti usaha agroindustri PM Bagas Aji menguntungkan.Tabel 4. Nilai RC ratio PM
Bagas Aji Bulan Juni 2006
b. Analisis Titik Impas
Titik impas dalam unit terjadi pada saat pengusaha
memproduksi 1.383 kardus ta dealoe,
dan BEP dalam penerimaan sebesar Rp26.457.377. Penerimaan yang diterima oleh pengusaha
lebih besar daripada nilai penerimaan pada saat BEP, yang berarti bahwa usaha agroindustri
nata de aloe PM Bagas Aji dapat dikatakan sudah menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar